Menu Close

10+ Peluang Usaha Di Desa Berkembang Yang Menjanjikan Dan Prospektif

Apa hasil pertanian atau perkebunan yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan makanan atau cemilan? Seperti membuat kripik buah, jika di desa Anda memiliki pasokan buah yang cukup banyak. Usaha olahan makanan merupakan salah satu sektor usaha yang bertahan karena masyarakat membutuhkan pasokan makan dan minum untuk bertahan hidup. Salah satu usaha yang justru peluang semakin besar ditengah pandemi yaitu penjual/pengecer yang menjual produk-produk olahan makananan seperti supermarket, swalayan dan lain sebagainya.

Usaha mikro biasanya dimiliki perseorangan atau keluarga, dan keuntungan bersihnya di bawah 50 juta Rupiah per tahun. Biasanya keuangan pribadi dan modal masih bisa disatukan dalam perhitungannya. Kwartono Adi menggunakan definisi lebih spesifik, yaitu badan usaha dengan revenue kurang dari 200 juta Rupiah, dihitung dari laba tahunan. Penggunaan sistem kasir dan sistem administrasi yang baik bakal sangat mempengaruhi bagus tidaknya perkembangan usaha ini. Gunakan sistem modern dengan berbasis IT sehingga efisien dan lebih aman karena memiliki sistem pencatatan otomatis.

Bisnis yang cocok untuk di perdesaan

Tak usah kuatir jika anda belum mempunyai ide peluang usaha rumahan di desa yang akan dijalankan. Dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa ide yang mungkin bisa anda terapakan untuk usaha anda di desa. Bisnis ini menjadi salah satu usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga di desa, apalagi kamu memiliki kemampuan memotong rambut. Demikianlah peluang usaha bisnis sampingan di desa atau kampung yang paling menjanjikan untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil, semoga bermanfaat.

Efeknya tentu kebutuhan akan pulsa sudah tidak bisa di elakkan lagi pada masyarakat desa, supaya komunikasi dapat terus berjalan lancar. Tidak dipungkiri bahwa usaha ini tidak cocok dikelola di kota besar. Oleh karena itu, mata pencaharian sebagai peternak ini sangat cocok dilakukan oleh masyarakat desa. Berikut beberapa ide usaha rumahan di desa yang bisa dikembangkan menjadi peluang pendapatan yang potensial yang dapat dijalankan secara offline maupun on-line. Peluang bisnis di pedesaan yang terakhir akan kita bahas adalah warung kelontong yang mungkin sangat identik dengan kehidupan masyarakat desa.

Kalau kamu ingin sesuatu yang lain, kamu bisa menjual jus buah, minuman kopi, atau minuman cokelat. Jika kamu setelah terkena PHK tapi punya tabungan yang cukup besar untuk modal usaha bisa coba buka penyewaan tenda dan sound system. Modal untuk usaha yang satu ini memang besar tapi untungnya juga sebanding dengan modal yang dikeluarkan. Selain kamu bisa buka di rumah, lebih baik juga buka jasa panggilan untuk pengelasan. Kamu cukup mengandalkan keterampilan memijat kamu dan kembangkan agar bisa mengatasi segala masalah pijat.

Anda bisa mengambil keuntungan dari fenomena ini dengan cara menjadi pemasok untuk jamur tiram. Perbedaannya, kambing lebih populer untuk acara aqiqah, karena harganya yang lebih murah dari sapi. Apalagi banyak juga restoran-restoran India dan timur tengah yang membutuhkan pasokan daging yang satu ini untuk menu mereka. Beternak lele dapat mendapatkan banyak keuntungan karena selain banyakya rumah makan yang menyajikan lele sebagai menu masakan, bisa juga untuk memenuhi gizi keluarga.

Belum lagi Anda akan mendapatkan tambahan penghasilan dari penjualan ATK dan jilid buku yang mana pasti akan sangat dibutuhkan oleh masyarakat desa. Bisa mencapai Rp 60 juta – Rp 70 juta untuk membeli 10 set computer, memasang akses internet, membeli printer dan sewa tempat usaha. Padahal di daerah pedesaan, bahan bakar seperti bensin dan photo voltaic tidak hanya digunakan untuk mengisi kendaraan bermotor saja. Namun juga untuk keperluan membajak sawah dimana mereka yang menggunakan traktor tentu membutuhkan bahan bakar.