Menu Close

7 Peluang Usaha Di Desa Yang Berpotensi Besar Mendatangkan Uang

Banyak masyarakat desa yang terkadang lebih memilih untuk membuka sebuah usaha warung kopi. Hal ini karena hampir kebanyakan terkadang masyarakat di desa lebih suka mengopi. Usaha pertanian di desa, bisa menjadi salah satu lahan usaha yang menjanjikan. Karena pertanian merupakan sektor penting yang bisa memenuhi kebutuhan utama masyarakat, yaitu kebutuhan akan bahan pangan. Makanya peluang usaha yang satu ini masih terbuka luas dalam mendatangkan keuntungan.

Bagi Anda yang mempunyai keahlian dan pengalaman memijat maka bisa membuka jasa pijat urut. Dimana jenis jasa satu ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk membantu mengatasi pegal-pegal setelah beraktivitas. Anda bisa melayani pijat urut di rumah atau bisa juga datang ke rumah pelanggan. Anda pasti pernah mendengar lagu Koes Plus “Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat, kayu dan batu jadi tanaman…”. Walaupun dunia usaha di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat, tidak sedikit dari antara kita yang kesulitan untuk memilih jenis usaha yang akan digeluti. Budidaya ikan sendiri terbilang cukup mudah serta tidak membutuhkan modal yang banyak.

Berjualan sayur merupakan salah satu peluang usaha di desa untuk pemula. Produknya dibutuhkan semua orang sehingga peluang bangkrutnya sangat kecil. Ini menciptakan sebuah peluang usaha baru buat para sarjana untuk membuka toko pertanian. Mayoritas penduduk desa tidak tahu cara beli pulsa on-line atau melakukan pembayaran secara online.

Dengan menjaga kualitas dan pengemasan yang baik bukan tidak mungkin usaha makanan khas daerah anda bisa terkenal sehingga dicari oleh banyak wisatawan. Dengan membuka cafe yang tempatnya nyaman, makanannya enak, dan harganya terjangkau maka peluang keberhasilan usaha anda akan semakin besar. Selain itu anda juga dapat menambahkan fasilitas-fasilitas seperti stay music dan wifi dimana di pedesaan hal seperti ini masih jarang ditemui. Anda bisa menjual minuman mulai dari kopi, teh, bandrek, dan lain sebagainya. Anda juga dapat berjualan di dekat space sekolah dan menjual produk minuman yang disukai anak-anak seperti es cendol, es buah, dan lain sebagainya.

Usaha rumahan tidak bisa dipandang remeh, karena faktanya usaha rumahan merupakan usaha yang banyak menyerap tenaga kerja. Itu artinya usaha ini banyak membantu dalam mengurangi pengangguran. Selain itu usaha rumahan juga menjadi salah satu penopang perekonomian nasional. Dengan begitu pentingnya peran usaha ini, pemerintah sampai mengeluarkan peraturan yang membantu kelangsungan usaha ini, dalam hal ini usaha UMKM.

Bisnis di desa yang paling menguntungkan

Meskipun Anda tinggal di desa, bukan berarti Anda tidak akan sukses menjalankan usaha rumahan, banyak peluang usaha rumahan di desa yang bisa dilakukan. Semua itu tergantung dari seberapa peka Anda melihat pelung dan seberapa keras Anda merealisasikan peluang tersebut menjadi keuntungan bisnis. Salah satu keuntungan tinggal di desa adalah dapat dengan leluasanya kita mencari tempat untuk membuka usaha. Salah satunya ialah untuk membuat usaha ternak ayam kampung ini. Kita dapat dengan mudah membuat kandang bisa di halaman belakang maupun dilahan yang dimiliki lainnya.

Untuk memulai usaha ini hanya dibutuhkan modal sekitar 5 jutaan. Dengan uang ini, Anda bisa membeli beberapa item seperti gula, beras, telur, mi instan, minyak goreng, dll. Mulai dari bisnis rumahan, usaha di pinggir jalan, industri kreatif, hingga go online.

Ternyata bisa dibilang sukses dan mendapat penghasilan yang sangat mumpuni. Misalnya dari jagung, Tongkol jangung tidak dapat diperjual belikan secara langsung. Punya background pendidikan dan pengalaman di bidang kesehatan ? Membuka klinik kesehatan bisa menjadi lapangan usaha yang sangat potensial di desa.

Anda tak harus memulai dengan jumlah tersebut untuk membeli berbagai barang kebutuhan hewan peliharaan seperti makanan dan aksesoris. Anda bisa saja mulai fokus dengan jasa grooming hewan peliharaan dulu. Jika sudah ada keuntungan, bisa digunakan untuk menambah jumlah produk yang dijual di toko Anda. Menariknya, sebagian besar bisnis barang antik ini berawal dari hobi. Jadi, apabila Anda memiliki kegemaran yang sama, peluang usaha ini layak dicoba.

Anda hanya perlu mempersiapkan lahan untuk pembibitan dan juga kebun induk. Adanya kebun induk tersebut untuk entres berbagai macam bibit tanaman. Anda bisa mengembangkannya dengan memperluas area kebun bibit ataupun mensuplai bibit tersebut ke wilayah lain. Selain menjadi pengepul hasil pertanian, anda juga bisa berkebun dengan memanfaatkan tanah desa yang memang lebih subur. Banyak petani inspiratif yang menyarankan untuk menanam tanaman yang bisa dijual kembali, seperti halnya sayuran, jagung, mangga, rambutan, dan berbagai tanaman lainnya. Saat panen tiba, hasil kebun tersebut bisa dijual kembali dalam bentuk buah maupun olahan makanan.